• icon-phone Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405
  • Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405
visi-image

RFC 2350 Yakes Telkom - CSIRT

  1. Informasi Mengenai Dokumen

    Dokumen ini berisi deskripsi YakesTelkom-CSIRT berdasarkan RFC 2350, yaitu informasi dasar mengenai YakesTelkom-CSIRT, menjelaskan tanggung jawab, layanan yang diberikan, dan cara untuk menghubungi YakesTelkom-CSIRT.

    1. Tanggal Update Terakhir
    2. Dokumen merupakan dokumen versi 0.0 yang diterbitkan pada tanggal angkaTanggal namaBulan angkaTahun.

    3. Daftar Distribusi untuk Pemberitahuan
    4. Menjabarkan pihak-pihak yang menjadi daftar distribusi untuk pemberitahuan RFC 2350, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing CSIRT.

    5. Lokasi dimana Dokumen ini bisa didapat
    6. Dokumen ini tersedia pada : https://csirt.yakestelkom.or.id/rfc2350.pdf (versi Bahasa Indonesia)

    7. Keaslian Dokumen
    8. Kedua dokumen telah ditanda tangani dengan PGP Key milik YakesTelkom-CSIRT. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada Subbab 2.8.

    9. Identifikasi Dokumen
    10. Dokumen memiliki atribut, yaitu :

      Judul : RFC 2350 YakesTelkom-CSIRT;
      Versi : 0.0;
      Tanggal Publikasi : angkaTanggal namaBulan angkaTahun;
      Kedaluwarsa : angkaTanggal namaBulan angkaTahun atau Dokumen ini valid hingga dokumen terbaru dipublikasikan.

  2. Informasi Data/Kontak
    1. Nama Tim
    2. Kepanjangan dari Yayasan Kesehatan Telkom-CSIRT Disingkat : YakesTelkom-CSIRT.

    3. Alamat
    4. Jl. Cisanggarung No.2, Kel. Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Prov. Jawa Barat

    5. Zona Waktu
    6. Bandung (GMT+07:00)

    7. Nomor Telepon
    8. 0821-1566-7778 / 081354881849

    9. Nomor Fax
    10. -

    11. Telekomunikasi Lain
    12. WA/Telegram

    13. Alamat Surat Elektronik (E-mail)
    14. yakestelkom-csirt@yakestelkom.or.id

    15. Kunci Publik (Public Key) dan Informasi/Data Enkripsi lain
    16. Bits : 6 (enam)
      ID : 0xBE19B537D16D1EB4
      Key Fingerprint : 829D F882 01DA 9275 807F DB6B BE19 B537 D16D 1EB4

      Blok PGP Public Key :
      -----BEGIN PGP PUBLIC KEY BLOCK-----
      xsDNBGhI35kBDACy5mFI5Iku8Ynk7JrRuoD7ytvSfsJ3a9JgOSLKSn0ILzAxmEZq
      D9qp747HOwaIho4Nxv1yyOTpXd0vVl48RBnlQ4s4dLo/JNwARLTJ4+jSkMmlnzHN
      3Ng6VMDTOvpHo1oebMUJ776G65KAH6ySFWYvL10Lj+BI9MAYM5bzlPCOET7fxc0r
      +UDg75fLOqs5VbZCjzHstVaWl4bxyQ2drwu30Hy5OozxlXcFqDrOItbEkcF3jijZ
      12Lawe37aIUOm3tban4YvmNL/8+U/YFpUR/+kMsoperqm4ReuUOep6Bx40j1eLD7
      UisyHm9T5G/lihDG/LzvbbZE7LQ8kZs5IRq4fJpzZF2fwpALkNsgRLyROBQF9gVY
      /+HGFKZUMmzYgNrBsLYkHRQHu+ZZGzr0TWq4duiMBeqQJtSM9/quQ9uXHJH5Wq5J
      kDn5BxsgYbG20GBI5sw2E57WpGYVetvrE3NiHl/ylgzTyl7aUQRU/9XEDcIZIPQ8
      pQ8c+7cpGf5yvCkAEQEAAc03eWFrZXN0ZWxrb20gQ1NJUlQgPHlha2VzdGVsa29t
      LWNzaXJ0QHlha2VzdGVsa29tLm9yLmlkPsLBDQQTAQgANxYhBIKd+IIB2pJ1gH/b
      a74ZtTfRbR60BQJoSN+aBQkB4TOAAhsDBAsJCAcFFQgJCgsFFgIDAQAACgkQvhm1
      N9FtHrQqbgv/cC0kdOgscJPlKgZzspAeyuixpd8R93WcL1AkQDoqJ88ywJmWNgcd
      Ah/2iPdLCAI3jybNh9Jf529rXEu4sTRK2q0AJH5Uwm66WN+Me8ba1D5f2ZZeDlFE
      aeSgMRoSkiyoqTuUrW+agQlR7WLuuHo04lANDsd2sXHWFJ57agGzUQHzAGDBuOmN
      aEkaLj4n5fKZ7YcPbvpv6p8lYKQ3isDPKht6oK8tym6sEC4ammBiydrqShrlBxpX
      RjVosl08bEh8X8vvcaYL8wdSoaetcwTdslbHJWBS4ZaZlP7F+fozaWf8dswGb1xJ
      4rgUOfd5SYXxgY3v4dHrBoZRilj3HQNHr1Fw2CMdG0IJ7flMUjoZgb6M4He+V88R
      yu/RMD5pdfTmmtW3H3A/xz0QMCT+5xkhsCr2q0U7jo7XscsTcGg2rhJcYf9tIs8H
      LK1fO+kcqewqbRCBmztD7+qBpdpWRDu48rkKWVl7IotUTeiGgEG9xV4AJA/ghAXt
      A4caXetkH9LfzsDNBGhI35oBDADuu+FfVKFxDZiiVIPmLH6+GHJ6KJ/krwVJDjgQ
      LlI8OiITL4YC51FrX32kQGJQNWIdr8fZAG0MWIoPGmEpb2lzKMZzFXExqAwoMNb7
      nbOJvuAWQnkAJFUc5P+zXnUBcdynMS9zIq71Qqd91rlCrdCSP3nEcYgBRP/syndf
      yuTCX151Ibz39PzALME7LCzCq6QPoPvKi7V4+0ErxYsKLTQ4/q0T5fb1b0eOm034
      a+B/V3UNEAT6AQ2ua7gvNTgcRm8ruWil/t0uX0kutFAspp0CrfQvureLYJrNQWhT
      OV2dj8z+9qamTtINM45XL52DkBg4Hj5sCqDHk/9ku2P6SzED9Orq/Jee9X+qLNdK
      qfIbspDgm31VatEKV8K5/qldKhyyxorUrQ8J+tCjIAOeiP/qdXij4r2/7wskOEBE
      eXujFue33DcLhj1LbyADLtxuOCGCBba/88yHySaxWF/D90Z+WmHCgMPpErvxa0C4
      HumSYJ9AV8qlQmP55WhuLgknhXcAEQEAAcLA/AQYAQgAJhYhBIKd+IIB2pJ1gH/b
      a74ZtTfRbR60BQJoSN+bBQkB4TOAAhsMAAoJEL4ZtTfRbR60BooL/i6UIWnzXkbe
      l4jDCInqgVexkwIhc4i8CIr1/+DadUbmQQ/f9wCM6oInpj7IOyCCgSiz7WUSr3V+
      /ajUWvWKRkPrm7A7z8M3YZa0bvbpC2i0tZ/5KBlH1A6CaNEP5SMcSfXBUhzfmAuw
      GP9mNPt8VwoQA31Vz3FyPF5n1ThRdikjc4u8SiE0/8USJzAgS5LRYzW5pz/7yJIs
      f5HzzJifeTLc0DIed+ufivifwlNyS++MpfZWzBaxGorFtp1OTIGHoowDcb4dUV3I
      QlM3QeG4d9igNISBX8nPmBMVGVQEGkpYY7GIWKWvXjbuwHvMeHCj6ZDIbZJDv1oN
      32bp7+5eZvjdHvMTx792aUixC29is3/y6Fwakc0qpJ9p9jJSf5pzCcXk2xXbHdaK
      EY6L8EwCi9hjBfQ7iNZnFa+PtJ1bT63cgHIx8itOAFQqxdDi551ed+4FWvQHzp0J
      bfSeS35S1LoUg+QQbm9olC96SmML7NigjS2gFNaDYA1xCz0XD1OjEQ==
      =ujR9
      -----END PGP PUBLIC KEY BLOCK-----
      File PGP key ini tersedia pada :
      https://csirt.yakestelkom.or.id

    17. Anggota Tim
    18. - Koordinator Tim Penanggulangan dan Pemulihan Insiden
      - Koordinator Sub Tim Pengamanan Sistem Informasi
      - Koordinator Sub Tim Contact Center Insiden Keamanan Sistem Informasi
      - Koordinator Sub Tim Komunikasi
      - Koordinator Sub Tim Hukum
      - Koordinator Sub Tim Pengelolaan Risiko
      - Koordinator Sub Tim Pengelolaan Sumber Daya Manusia

    19. Informasi/Data lain
    20. -

    21. Catatan-catatan pada Kontak YakesTelkom-CSIRT
    22. Metode yang disarankan untuk menghubungi YakesTelkom-CSIRT adalah melalui e-mail pada alamat yakestelkom-csirt@yakestelkom.or.id atau melalui nomor telepon 082115667778 ke Helpdesk IT pada hari kerja jam 08.00 - 17.00 atau 081354881849 ke Islahuddin siaga selama 24/7.

  3. Mengenai Gov-CSIRT
    1. Visi
    2. Visi YakesTelkom-CSIRT adalah.....

    3. Misi
    4. Misi dari YakesTelkom-CSIRT, yaitu :
      a. ....
      b. ....

    5. Konstituen
    6. Konstituen YakesTelkom-CSIRT meliputi :
      a. ....
      b. ....

    7. Sponsorship dan/atau Afiliasi
    8. Pendanaan YakesTelkom-CSIRT bersumber dari ....

    9. Otoritas
    10. Jelaskan otoritas dari YakesTelkom-CSIRT.

  4. Kebijakan - Kebijakan
    1. Jenis-jenis Insiden dan Tingkat/Level Dukungan
    2. YakesTelkom-CSIRT melayani penanganan insiden siber dengan jenis berikut :
      a. ....
      b. ....
      Jelaskan dukungan yang diberikan oleh YakesTelkom-CSIRT.

    3. Kerja sama, Interaksi dan Pengungkapan Informasi/ data
    4. Jelaskan bagaimana kerjasama dan berbagi informasi dengan CSIRT atau organisasi lainnya dalam lingkup keamanan siber.
      Jelaskan pula apakah informasi/data akan dirahasiakan/diungkapkan.

    5. Komunikasi dan Autentikasi
    6. Jelaskan bagaimana media komunikasi yang akan digunakan untuk informasi biasa dan informasi yang terbatas/rahasia.

  5. Layanan
    1. Layanan Utama

      Layanan utama dari YakesTelkom-CSIRT yaitu :

      1. Pemberian Peringatan Terkait Keamanan Siber
      2. Jelaskan tentang layanan ini

      3. Penanganan Insiden Siber
      4. Jelaskan tentang layanan ini

    2. Layanan Tambahan

      Layanan tambahan dari Nama-CSIRT yaitu :

      1. Penanganan Kerawanan Sistem Elektronik
      2. Jelaskan tentang layanan ini

      3. Penanganan Artefak Digital
      4. Jelaskan tentang layanan ini

      5. Pemberitahuan Hasil Pengamatan Potensi Ancaman
      6. Jelaskan tentang layanan ini

      7. Pendeteksian Serangan
      8. Jelaskan tentang layanan ini

      9. Analisis Risiko Keamanan Siber
      10. Jelaskan tentang layanan ini

      11. Konsultasi Terkait Kesiapan Penanganan Insiden Siber
      12. Jelaskan tentang layanan ini

      13. Pembangunan Kesadaran dan Kepedulian Terhadap Keamanan Siber
      14. Jelaskan tentang layanan ini

  6. Pelaporan Insiden
  7. Laporan insiden keamanan siber dapat dikirimkan ke yakestelkom-csirt@yakestelkom.or.id dengan melampirkan sekurang-kurangnya :
    a. Foto/scan kartu identitas
    b. Bukti insiden berupa foto atau screenshoot atau log file yang ditemukan

  8. Disclaimer
  9. Sebutkan jika ada.

misi-image

MISI

  • Mengelola Layanan Kesehatan berkualitas bagi pensiunan/karyawan TelkomGroup beserta keluarga.
  • Mendorong dan mengembangkan paradigma sehat sebagai value bagi seluruh pensiunan dan karyawan TelkomGroup beserta keluarga.
  • Mengembangkan plan asset untuk menjaga ketersediaan dana dalam rangka membiayai Layanan Kesehatan pensiunan beserta keluarga.
  • Memanfaatkan Teknologi Digital untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan.

Pedoman Kerja & Layanan

POT CINTA menggambarkan komitmen dari seluruh Insan Yakes untuk memberikan Pelayanan Prima, Operasional Handal, didukung oleh Teknologi Tepat, membangun Citra Positif dan adanya Investasi berkelanjutan.

Yakes Ibarat POT CINTA yang bermakna mengurus Pelanggan dengan penuh cinta, mengurus karyawan dengan penuh perhatian, bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi untuk seluruh Stakeholdernya. Di sisi lain Yakes akan memastikan kesinambungan Pelayanan dengan mengelola Investasi secara tepat dan benar.